Jokowi Berlakukan Kelas Standar BPJS Kesehatan

Headline, Nasional126 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah mengeluarkan aturan baru terkait pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Peraturan Presiden itu tertuang dalam Perpres nomor 59 tahun 2024 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Dalam perpres yang ditetapkan itu, salah satunya mengatur penerapan fasilitas ruang perawatan rumah sakit kelas rawat inap standar (KRIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh BPJS Kesehatan.

Aturan itu ditetapkan Presiden berlaku paling lambat 30 Juni 2025.

“Penerapan fasilitas ruang perawatan pada pelayanan rawat inap berdasarkan kelas rawat inap standar dilaksanakan secara menyeluruh untuk rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 30 Juni 2025,” dikutip dari bunyi pasal tersebut.

Sesuai Pasal 46A, kriteria fasilitas ruang perawatan pada pelayanan rawat inap berdasarkan KRIS adalah komponen bangunan yang digunakan tidak boleh memiliki tingkat porositas yang tinggi.

Bahkan ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, dan nakas per tempat tidur juga harus disesuaikan. (Red)

By: @did