Jokowi!! Blok Rokan Sumbang 25 Persen Produksi Minyak

Riau, sinarindonesia.id– Produksi minyak di Blok Rokan, Dumai, Provinsi Riau, yang dikelola Pertamina, disebut Presiden Joko Widodo telah mencapai 162.000 barel setiap harinya.

Peningkatan peroduksi itu, tercatat lebih tinggi dibandingkan saat Blok Rokan dikelola Perusahaan asing, Caltex dan Chevron.

“Produksi minyak di Blok Rokan, mencapai 162.000 barel per hari. Ini lebih tinggi dari produksi saat dikelola Caltex maupun Chevron,” kata Jokowi, Sabtu (1 Juni 2024).

Dijelaskannya, saat ini Blok Rokan telah menyumbang 25 persen kebutuhan minyak dari seluruh produksi nasional Indonesia.

“Blok Rokan ini merupakan blok migas paling produktif sepanjang sejarah perminyakan Indonesia dan sempat dikelola asing selam 97 tahun,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, keberhasilan pemerintah dalam mengambil alih mayoritas saham PT Freeport dan Blok Rokan itu, merupakan upaya untuk mewujudkan kedaulatan politik serta kemandirian ekonomi.

Persoalan itu juga sebagai bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional.

“Kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi, termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor,” ujarnya

Jokowi menegaskan pemerintah dituntut aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa.

Hal itu, kata Jokowi aset-aset tersebut harus dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *