Jokowi Lempar Bola Panas Rancangan Undang Undang DKJ ke DPR

Headline, Nasional280 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ) kini menjadi bola panas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Pasalnya, Presiden Joko Widodo dengan lugas mengatakan lebih setuju gubernur Jakarta dipilih langsung. Ia meminta RUU yang tengah digodok saat ini, supaya terus berproses.

Diketahu, DPR telah mengesahkan RUU DKJ menjadi usul inisiatif dalam Rapat Paripurna ke-10 Masa Persidangan II Tahun 2023-2024 pada Selasa, 5 Desember 2023. Dalam Pasal 10 RUU DKJ tertuang bahwa penunjukan, pengangkatan, dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur DKJ adalah wewenangnya presiden. Substansi ini menuai polemik.

“Kalau tanya saya, gubernur lebih baik dipilih langsung,” kata Jokowi kepada media di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Senin (11 Desember 2023).

Jawaban Presiden Jokowi itu terkesan mengambang tidak terarah, apakah yang dia maksud dipilih langsung oleh presiden atau masyarakat melalui pemilihan umum.

Diketahui, RUU DKJ yang disahkan DPR terkait penunjukan gubernur dan wakil gubernur oleh presiden pasca Ibu Kota pindah ke IKN menuai pro dan kontra dari banyak pihak. Bahkan, tidak sedikit dari kalangan elit politik maupun akademisi menolak Rancangan Undang-Undang tersebut.

Dijelaskan Jokowi, pada dasarnya DKJ itu bagaimana pun masih dalam bentuk RUU dan belum sampai ke wilayah pemerintah.

“semua itu inisiatif DPR belum sampai ke wilayah pemerintah, belum sampai ke meja saya juga. Sehingga biarkan itu berproses,” ucap Jokowi.

Dalam RUU DKJ mengusung konsep Daerah Khusus Jakarta menjadi kota global dan pusat ekonomi terbesar di Indonesia. Banyak aspek keuangan negara yang perlu diatur dalam RUU DKJ.

Sesuai pasal 41 UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara mengamanatkan perubahan hukum terkait Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan RI. Tanpa regulasi yang memadai, Jakarta akan disamakan dengan daerah lain di Indonesia atau menerapkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *