Jokowi Mengabarkan Akan Ada Reshuffle Kabinet Lanjutan

Jakarta, sinarindonesia.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet setelah melantik Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri. Presiden juga mengakui tidak menutup kemungkinan hal itu akan dilakukan di sisa delapan bulan pemerintahannya.

“Reshuffle kabinet dilakukan karena berdasarkan kebutuhan,” kata Jokowi, kepada media, Rabu (21 Februari 2024).

Dijelaskannya, Jika sesuatu itu merupakan kebutuhan maka harus dilakukan. Semuan jelas dan ada aturannya.

“Yang namanya kebutuhan dan mengharuskan, ya kenapa tidak?” ungkapnya.

 Disinggung kapan pelaksanaan perombakan itu, Jokowi tidak membeberkan terkait rencana reshuffle tersebut. Jokowi juga tidak memberi tahu Menteri mana saja yang akan dirombak.

Diketahui, isu reshuffle kabinet menguat saat Pilpres 2024 berjalan. Ada kabar sejumlah menteri PDIP akan mengundurkan diri karena sudah berseberangan.

Kendati demikian, hingga saat ini hanya satu menteri yang mundur yakni Menko Polhukam Mahfud MD. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bertahan di kabinet meski isu pengunduran diri senter belakangan ini.

Untuk posisi jabatan yang ditinggalkan Mahfud sempat kosong dan ditambal Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Jokowi baru menunjuk pengganti Mahfud hari ini. Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam baru.

Semenata jabatan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *