Kadis Kesehatan Tersangka korupsi pembangunan Puskesmas ditahan

Daerah, Headline, Kriminal277 Dilihat

Kota Batu, sinarindonesia.id– Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Batu Kartika Trisulandari, ditetapkan Kejaksaan Negeri sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi pembangunan Puskesmas Bumiaji tahun anggaran 2021. Kartika bersama seorang pihak swasta, langsung ditahan di Lapas Kelas I dan Kelas II A Malang.

“Selain kedua tersangka itu, sebelumnya kami juga mengamankan tersangka berinisial AK, pihak swasta yang secara bersama-sama dengan tersangka AD dari CV Punakawan, mengerjakan pembangunan Puskesmas Bumiaji pada Dinas Kesehatan Kota Batu tidak sesuai dengan kontrak,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu Didik Adyotomo, kepada awak media.

Dijelaskannya, dalam proses ungkap kasus tersebut, Kejaksaan Negeri Batu bekerja sama dengan BPKP Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan klarifikasi kepada 41 orang saksi yang berkaitan dengan perkara tersebut.

Proses klarifikasi dilakukan agar diketahui nilai dari kerugian negara.

“Didapat dari total anggaran pembangunan Puskesmas sebesar Rp4,4 miliar dimenangkan lelang dengan nilai kontrak sebesar Rp3,1 miliar. Dari perhitungan sementara tim penyidik Kejari Batu, kasus tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp300 juta,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam penanganan perkara tersebut pada 11 Oktober lalu, Kejaksaan Negeri Batu telah menetapkan dua orang tersangka, yakni Direktur CV P-K Angga Dwi Prastya selaku pelaksana pekerjaan dan Direktur CV D-A-P Diah Aryati selaku konsultan pengawas. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *