Kalapas Sorong Buka Suara Terkait 53 Orang Narapidana Kabur

Daerah, Headline, Kriminal189 Dilihat

Sorong, sinarindonesia.id– Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, buka suara soal narapidana yang melarikan diri usai melakukan ibadah hari Minggu. Pihaknya mengatakan dari 53 orang narapidana yang melarikan diri atau kabur, 4 orang diantaranya adalah tahanan kasus makar.

“Dari 53 orang narapidana yang melarikan diri 4 orang diantaranya tahanan kasus makar. Selebihnya tahanan kasus narkotika dan pidana umum,” kata Kalapas Sorong Manuel Yenusi, kepada awak media, Minggu (7 Januari 2024).

Dijelaskannya, dari 4 orang tahanan kasus makar tersebut, dua orang diantaranya berhasil ditangkap kembali dan kini tengah diproses di Polresta Sorong.

“Dari 4 orang tahanan kasus makar itu dua sudah ditangkap. Keduanya kini diperiksa di Polresta Sorong,” ungkapnya.

Dilanjutkan Manuel, para napi kabur melalui pintu utama Lapas Kelas II B Sorong usai ibadah hari Minggu. Para napi itu menyerobot para petugas lapas yang sedang berjaga di pintu utama.

“Mulanya dibunyikan petasan saat ibadah mau keluar bersamaan dengan majelis dan pendeta. Kemudian saat petugas cek ternyata mereka sudah serobot penjagaan, karena penjagaan cuma dua sehingga mereka serobot dan keluar,” terangnya.

Untuk memastikan kronologis itu, pihaknya menyerahkan proses pemeriksaan kepada Kepolisian Resort Kota Sorong.

Diketahui, 53 orang narapidana tersebut kabur dari Lapas Kelas II B Sorong, Kota Sorong, sekitar pukul 10.00 WIT, pagi tadi. Polisi yang turun melakukan pengejaran telah menangkap 6 orang di antaranya, termasuk 2 tahanan kasus makar tersebut.

“Ada 53 tahanan Lapas melarikan diri, 6 sudah ditangkap dan masih 47 kita lakukan pengejaran,” kata Kapolresta Sorong Kota Kombes Happy Perdana Yudianto kepada awak media, Minggu (7 Januari 2024). (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *