Kantor BNPB Hingga Rumah Tersangka Korupsi APD Covid 19 digeledah KPK

Jakarta, sinarindonesia.id– Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta rumah tersangka korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun anggaran 2020-2022, digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sasaran penggeledahan adalah Kantor BNPB, Kantor Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, salah satu ruangan di Kantor LKPP dan rumah kediaman dari para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepasa median, Selasa (21 November 2023).

Dijelaskan Ali, pihaknya menemukan dan mengamankan barang bukti antara lain dokumen-dokumen pengadaan, catatan transaksi keuangan dan aliran uang ke berbagai pihak termasuk dugaan transaksi pembelian aset-aset bernilai ekonomis dari para pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Melalui penyitaan dan analisis atas temuan tersebut, segera dilakukan untuk kemudian dikonfirmasi pada para pihak yang dipanggil sebagai saksi termasuk para tersangka,” katanya.

Diketahui, nilai anggaran proyek tersebut mencapai Rp3,03 triliun untuk lima juta set APD. Ali menyebutkan KPK sudah menetapkan tersangka namun belum menyampaikan identitasnya secara gamblang ke publik.

“Penyidikan masih berjalan dengan ditetapkan beberapa pihak sebagai tersangka, namun sebagaimana kebijakan KPK saat ini, kami akan umumkan identitas para tersangka pada saat penahanan,” tuturnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *