Kantor PT HK dan PT HK Realtindo digeledah KPK

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dikabarkan menggeledah Kantor PT Hutama Karya (HK) dan PT HK Realtindo terkait dugaan korupsi pengadaan lahan di sekitar jalan Tol Trans Sumatera (JTSS). Penggeledahan itu dilakukan sebagai tindak lanjut penyidikan untuk melengkapi bukti pemeriksaan.

“Saat ini, tim penyidik telah selesai melaksanakan penggeledahan di 2 lokasi yakni kantor pusat PT HK Persero dan dan PT HKR (anak usaha PT HK Persero),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada media, Rabu (27 Maret 2024).

Dijelaskannya, dari dua kantor tersebut penyidik memperoleh dokumen-dokumen pengadaan lahan yang diduga terkait dengan perkara dugaan korupsi yang dimaksud.

Temuan dokumen tersebut di antaranya berisi item-item pengadaan yang diduga dilakukan untuk kepentingan tertentu dan pastinya melawan hukum.

“Dari penggeledahan itu, penyidik akan melakukan analisis untuk dikonfirmasi lagi pada para saksi yang nantinya akan dipanggil,” ujar Ali.

Diketahui, KPK membuka penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di sekitar JTSS yang dilaksanakan PT Hutama Karya Tahun Anggaran 2018-2020.

Saat ini sudah ada tersangka yang ditetapkan KPK, tetapi belum bisa disampaikan kepada publik.

Dari perkembangan penyidikan kasus tersebut, KPK juga diketahui telah mencegah tiga orang untuk bepergian ke luar negeri dengan alasan mempermudah penyidikan.

Sesuai informasi yang berkembang di lapangan, tiga orang yang dicegah itu adalah Direktur PT HK Bintang Perbowo, Pegawai PT HK M. Rizal Sutjipto, dan Komisaris PT Sanitarindo Tangsel Jaya Iskandar Zulkarnaen. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *