kanwil Kemenag Lampung Jadwalkan Keberangkatan Kloter Haji Pertama 11 Mei 2024

Daerah, Headline51 Dilihat

Bandar Lampung, sinarindonesia.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Lampung menjadwalkan Jemaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) haji pertama menuju tanah suci Mekkah akan berangkat pada 11 Mei 2024 melalui penerbangan JKG 3 dari Jakarta.

“Mengingat banyak jamaah lanjut usia yang harus dijaga staminanya, jadi keberangkatnya harus di prioritaskan kesehatan,”kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo, Jumat 26 April 2024.

Puji juga mengatakan jika kegiatan pelepasan keberangkat jamah akan dilakukan secara sederhana guna meminimalisir potensi kelelahan yang dapat mengagangu kesehatan pada jemaah.

Harapnya, Kemenag kabupaten/kota berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Pemerintah Daerah dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk memastikan jemaah berangkat dari kediamannya secara tepat waktu.

“Biasanya itu ada yang dari rumah jam dua malam. Kondisi ini tentunya membuat stamina jemaah berkurang dan untuk seremoni keberangkatan dan kedatangan di tingkat kabupaten/kota, embarkasi, dan saat kedatangan juga keberangkatan di Arab Saudi hanya untuk kloter pertama,”ungkapnya.

Seremoni keberangkatan dan kedatangan di kabupaten/kota ada batasan waktu maksimal 30 menit dengan paling banyak dua orang dalam pemberian sambutan.

Jemaah haji lansia dan berisiko tinggi tidak mesti mengikuti seremoni saat penerimaan dan keberangkatan di embarkasi. Selain itu, jemaah dengan kategori ini memperoleh prioritas pelayanan satu atap.

“Termasuk meminimalisir seremoni penerimaan dan keberangkatan di Arab Saudi nanti,” kata dia.

Puji meminta panitia haji di Lampung untuk memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah. Dia berharap indeks kepuasan pelayanan di tahun lalu yang berada pada kategori di atas rata-rata dapat meningkat.

“Semoga melalui komitmen kita bersama, indeks kepuasan pelayanan ibadah haji tahun ini meningkat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *