Kapolda Harus Bertanggung Jawab Secara Berjenjang Kaburnya 4 Gembong Narkoba

Daerah, Headline, Kriminal345 Dilihat

Lampung, sinarindonesia.id– Praktisi Hukum Pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra, mendesak Kepolisian Daerah Lampung (Polda Lampung) untuk bekerja keras melakukan penangkapan terhadap 4 orang gembong narkoba yang melarikan diri dari sel 7 rutan Polda Lampung, Rabu (6 Desember 2023) dini hari.

Menurutnya, pelaku kejahatan narkoba akan selalu melakukan berbagai upaya menghindari pertanggung jawaban hukum yang pada akhirnya aparat penegak hukumlah yang kebobolan dengan kaburnya 4 orang tahanan tersebut.

Untuk itu, Azmi menekankan agar pihak kepolisian tidak bekerja setengah hati dalam membasmi peredaran gelap narkoba, khususnya bagi para bandar besar. Sementara dengan kaburnya tahanan tersebut, pastinya harus dapat ditemukan atau ditangkap kembali.

“Pengejaran atau perburuan terhadap tahanan kabur ini harus dilakukan sampai ketemu, sekalipun ke lubang semut,” kata Azmi Syahputra selaku Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti, Jumat (8 Desember 2023).

Dijelaskannya, Kepolisian dalam hal ini Polda Lampung perlu melakukan penelusuran lebih dalam tempat pelarian 4 orang tahanan yang kabur tersebut. Disinggung Azmi, bisa jadi ada udang dibalik batu, ada pihak tertentu yang memberikan kemudahan kepada  tahanan itu atau ada aparat hukum yang dapat dibeli integritasnya? ini harus ada kepastian.

“Kaburnya tahanan narkoba ini sangat mengecewakan, ini  harus  jadi tanggung jawab secara berjenjang dari petugas jaga, Dirtahti, Dir Narkoba sebab mengacu pada 16 program prioritas Kapolri, salah satunya adalah pengawasan pimpinan dalam setiap kegiatan,” bebernya.

Ditambahkannya, dengan mengacu pada program prioritas Kapolri tersebut, tidak ada lagi alasan bagi Kapolda Lampung untuk berlepas tangan sebagai pimpinan tertinggi di kepolisian daerah Polda Lampung.

“Mengacu pada program prioritas Kapolri dimaksud khususnya no 14 dan 16 tidak ada alasan Kapolda untuk lepas tangan. Kapolda harus bertanggungjawab jika tidak dapat menemukan tahanan yang kabur tersebut, maka pihak pihak yang bertanggungjawab secara berjenjang harus di copot dari jabatannya,” tegas Azmi. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *