Kapolres dan Kasat Reskrim Gadungan Ditangkap Polisi

Daerah, Headline, Kriminal1333 Dilihat

Ternate, sinarindonesia.id– Dua orang Polisi gadungan yang menyebut dirinya sebagai Kasat Reskrim dan Kapolres Halmahera Timur Akbp Setyo Agus Hermawan, ditangkap Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara. Pelaku nekad menggunakan pangkat dan jabatan Kapolres hanya untuk mendapatkan uang dengan mudah tanpa harus bekerja keras.

Dari catatan kepolisian, terakhir Kamis (26 Agustus 2023) pelaku berhasil menipu seorang pengusaha asal Halmahera TImur berinisial JW dengan cara menelepon korban dan mengatasnamakan pejabat Polri di Polres Halmahera Timur.

“Kedua tersangka berpura – pura menjadi Pejabat Polres Halmahera Timur sebagai Kapolres dan Kasat Reskrim, kemudian menghubungi Korban melalui handphone untuk meminjam uang senilai Rp200 juta,” kata Wakil Direktur Krimum Polda Malut, AKBP Anjas Gautama Putra, di Ternate, kepada awak media.

Dijelaskannya, saat komunikasi berlangsung, korban diarahkan untuk mentransfer sejumlah Rp200 juta tersebut ke rekening- rekening yang disebutkan tersangka.

Karena merasa ditipu, korban melapor ke Polres dan penyidik Res Haltim dan penyidik Ditreskrimum Polda Malut yang di-back up oleh Sat Resmob Bareskrim Polri untuk melakukan serangkaian tindakan penyelidikan dan penyidikan di Wilayah Jakarta.

Bersama tersangka, juga mengamankan satu bundel rekening koran dan puluhan ATM berbagai BUMN maupun Swasta.

Sementara, Atas perbuatannya, kedua pelaku akan dijerat Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman 20 tahun penjara. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *