Kasus Korupsi Bendungan Margatiga 4 Orang Ditetapkan Tersangka Termasuk Eks Kepala BPN Lamtim

Headline, Kriminal55 Dilihat

Bandar Lampung, Sinarindonesia.id – Polda Lampung menetapkan empat tersangka kasus dugaan korupsi proyek bendungan Margatiga, satu diantaranya Mantan Kepala BPN Lampung Timur periode 2020-2022 berinisial AR. Kabar penetapan empat tersangka kasus dugaan korupsi proyek Bendungan Margatiga tersebut tertuang dalam Siaran Pers No : 465/V/HUM.6.1.1/2024/Bidhumas, Kamis, 30 Mei 2024.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik menerangkan selain AR, tiga orang lainnya yang ditetapkan tersangka terdiri dari Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah atau mantan Kades Desa Trimulyo dan penitip tanam tumbuh berinisial AS. Kemudian IN selaku penitip tanam tumbuh dan OT (Satgas B).

“Iya, saat ini penanganan kasus korupsi Bendungan Margatiga terus berjalan. Sudah ada menetapkan empat tersangka,” terang Umi, Kamis, 30 Mei 2024.

Menurut Umi, penyidik juga telah memeriksa dan meminta keterangan 200 orang saksi dan 10 saksi ahli. Kasus ini masih dalam penanganan Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Lampung dan Satreskrim Polres Lampung Timur.

Selain menetapkan empat tersangka, Polda Lampung juga menyita barang bukti berupa uang senilai Rp9,35 miliar dan sejumlah barang elektronik seperti laptop, ponsel hingga kartu SIM.

“Dalam melaksanakan investigasi, petugas juga ikut menamakan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengadaan tanah terkait pengerjaan proyek,” ungkap Umi.

Dalam penanganan kasus ini, lanjut Umi, pihaknya melakukan pencegahan terhadap  kerugian keuangan negara yakni sebesar Rp439.545.490.786,01.

“Seperti yang disampaikan bapak Kapolda, penanganan korupsi ini menjadi atensi demi lancarnya pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkas Umi. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *