Kasus Terkonfirmasi Cacar Monyet Bertambah

Jakarta, sinarindonesia.id- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, kasus aktif cacar monyet atau monkeypox (Mpox) hingga 12 November 2023, bertambah menjadi 32 kasus. Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan ada 3 kasus cacar monyet baru di DKI Jakarta pada 7-9 November 2023.

“Positivity rate PCR 25 persen, semua bergejala ringan, semua tertular dari kontak seksual,” kata Ngabila kepada media, Minggu (12 November 2023). Ngabila merinci, ada 31 kasus positif aktif yang semuanya adalah laki-laki dengan rentang usia 25-50 tahun. Dalam pantauannya, masih ada tiga orang berstatus suspek atau terduga bergejala.

Diakui Ngabila, Dinas kesehatan DKI Jakarta mencatat, sudah ada 103 orang yang pernah melakukan PCR dan hasilnya negatif. Update terbaru per 11 November 2023, belum ada penambahan kasus positif maupun suspek sejak kemarin.

Sementara untuk pemberian vaksin cacar monyet menjadi upaya preventif yang terus dilakukan DKI Jakarta seiring bertambahnya kasus yang signifikan.

“Saat ini kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet ini,” jelas Ngabila.

Masyarakat diminta memperhatikan. Pertama, pola hidup bersih dan sehat, seperti memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Kedua, hindari kontak kulit dan luka. Ketiga, lakukan hubungan seksual dengan aman, sehat, dan bersih serta hindari aktivitas tersebut jika memiliki gejala atau sedang sakit. (red)

By: Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *