Kebakaran Hutan dan Lahan Akibat El Nino Masih Mengintai di Tahun 2024

Jakarta, sinarindonesia.id– Peristiwa kebakaran hutan dan lahan, diprediksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, masih mengintai sejumlah wilayah di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Bukan saja ulah tangan manusia, peristiwa itu terjadi, akibat perubahan iklim seperti fenomena El Nino.

“Pemerintah mengakui, untuk tahun ini bentuk penanganan kebakaran hutan maupun lahan lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi, kepada awak media.

Dijelaskannya, kunci keberhasilan dalam pengendalian karhutla tidak terlepas dari upaya penguatan kolaborasi, koordinasi, komitmen antar sektor hingga lintas organisasi. Sementara fenomena temuan lapangan setiap tahunnya mengalami perubahan.

“Fenomena dari tahun ke tahun yang ditemukan di lapangan cenderung berubah sehingga memerlukan persiapan maksimal,” ungkapnya.

Saat ini, kata Laksmi, dunia menghadapi krisis keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. Karhutla menjadi hal serius yang harus dihadapi.

Persoalan itu dipandang penting, karena besar kemungkinan musim kering akibat El Nino masih terjadi di tahun 2024 mendatang.

Semua pihak diminta untuk saling bahu membahu menyuarakan bahaya kebakaran hutan maupun lahan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *