Kelompok Kriminal Bersenjata Ancaman Politik Selama Pemilu

Daerah, Headline, Kriminal174 Dilihat

Jayapura, sinarindonesia.id– Gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diprediksi Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, akan terus terjadi dan mewarnai kamtibmas di Bumi Cenderawasih di tahun 2024. Terlebih situasi itu, dikhawatirkan bisa mengganggu jalannya pesta demokrasi atau agen politik selama Pemilu.

Pihaknya melalui dukungan dari berbagai unsur pemerintahan maupun swasta, akan terus berupaya meminmalisir jatuhnya korban jiwa akibat gangguan keamanan tersebut.

“Guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat gangguan keamanan tersebut, pihaknya seluruh pihak baik Negeri maupun swasta agar senantiasa berkoordinasi dengan aparat keamanan baik TNI maupun Polri,” kata Kapolda kepada awak media, Selasa (2 Januari 2024).

Dijelaskannya, membiasakan koordinasi itu perlu agar aparat mengetahui bila ada kegiatan pengerjaan bangunan terutama di wilayah yang masuk kategori rawan gangguan KKB.

Diyakininya, dengan adanya koordinasi maka aparat keamanan mengetahui kegiatan warga di daerah atau wilayah tertentu sehingga bisa dipantau.

Diketahui, KKB merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata yang menjadi sebutan aparat terhadap milisi terafiliasi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Tercatat, disepanjang tahun 2023, aksi yang dilakukan KKB di wilayah hukum Polda Papua mencapai 196 kali yang menyebabkan 63 orang meninggal dunia, 81 luka-luka dan satu orang masih disandera.

Selain itu, juga terdapat 23 prajurit TNI meninggal dan 24 orang luka, tiga anggota Polri meninggal dan tujuh orang luka-luka. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *