Kemenkes : Penderita Cacar Monyet Terbanyak DKI Jakarta

Jakarta, sinarindonesia.id-Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat jumlah pasien cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) di Indonesia terdeteksi sebanyak 34 orang. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk memperhatikan pemahaman mengenai penularan penyakit tersebut.

“Keseluruhan jumlahnya 34 orang dan sembuh 8 pasien,”  kata Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, kepada media melalui pesan singkat Whatssap, Minggu (5 November 2023).

Sesuai data Laporan Harian Mpox yang dimuat di web Kemenkes, tercantum penyebaran Mpox ada di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Jumlah Kasus Mpox terbanyak terjadi di DKI Jakarta dengan jumlah 27 pasien. Sementara Banten 5 pasien, Jawa Barat 2 pasien.

Diketahui, penyakit cacar monyet sudah ditetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia oleh World Health Organization (WHO) pada Juli 2022. Penularan cacar monyet dapat melalui droplet berupa dahak atau bersin atau liur yang mengkontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, dan kontak seksual.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan 27 orang yang positif aktif Mpox di Jakarta berjenis kelamin laki-laki berusia 25 sampai 50 tahun.  Semuanya tertular dari kontak seksual. (red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *