Kerusuhan Pengantaran Jenazah Lukas Enembe didalangi Kelompok KNPB dan ULMWP

Jayapura, sinarindonesia.id– Kerusuhan yang terjadi saat prosesi pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, dipastikan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, didalangi anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

“Mereka kelompok KNPB dan ULMWP yang melakukan kerusuhan saat pengantaran jenazah dari STAKIN Sentani, Kabupaten Jayapura, ke kediaman mendiang di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, di Makodam XVII/Cenderawasih di Polimak, Jayapura, Jum’at (29 Desember 2023).

Dijelaskannya, KNPB dan ULMWP merupakan organisasi yang berjuang untuk memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat kejadian, kelompok tersebut menyusup serta bergabung dengan massa yang menyertai perjalanan jenazah hingga menyebabkan terjadinya pelemparan dan pembakaran bangunan serta kendaraan.

Dibeberkan Pangdam, akibat aksi pelemparan tersebut menyebabkan anggota TNI-Polri terluka termasuk Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

“Sejumlah fasilitas milik kami di Waena seperti ruko dan asrama juga ludes terbakar,” kata Izak.

Pihaknya menegaskan, baik anggota TNI maupun Polri untuk tidak terpancing dan tetap melakukan tindakan penegakan hukum yang terukur sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Aparat keamanan akan mengusut hingga tuntas baik kasus pemukulan hingga pembakaran,” kata Izak. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *