Ketahuan Menyebar Ajakan ASN Berpolitik Sekda Mundur dari Jabatannya

Daerah, Headline, Politik257 Dilihat

Tapanuli, sinarindonesia.id– Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah, dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya. Mundurnya Pejabat Tertinggi di lingkungan Pemkab itu lantaran tertangkap rekaman suara saat melontarkan ajakan kepada ASN untuk berpolitik.

“Ya, Beliau menemui saya, minta maaf dan mengakui telah melakukan tindakan yang salah sebagaimana di rekaman yang beredar,” kata Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah, Sugeng Riyanta, kepada media, Rabu (27 Desember 2023).

Dijelaskannya, beliau Sekretaris Daerah Herman Suwito, telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya. Secepatnya surat tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian.

Pj Bupati Tapanuli Tengah, tidak memberikan penjelasan, terkait bagaimana kemudian proses lebih lanjut atas dugaan pelanggaran berat disiplin ASN yang dilakukan Herman Suwito.

Diketahui, masyarakat Tapanuli Tengah sempat dihebohkan dengan beredar rekaman suara diduga mirip suara Herman Suwito dan beredar di grup WhatsApp.

Belum diketahui lokasi pertemuan tersebut, diduga pertemuan melibatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah dan kepala desa.

Dalam rekaman itu, Terdengar suara meminta seluruh yang ada dalam ruangan pertemuan itu, diduga mengajak untuk memenangkan salah satu partai peserta pemilu.

“Karena kita telah bersepakat sebelumnya. Kita akan setia. Kita akan sehidup semati. Kita akan bersama. Sampai dengan saat ini, terima kasih bapak ibu sekalian. Bapak ibu camat, kepala desa, lurah, para pimpinan OPD, loyal,”  bunyi rekaman yang beredar.

“Jangan gara-gara nanti ada yang masuk, kita berubah, jangan. Siap ya pak,” sambung suara dalam rekaman, yang kemudian terdengar dijawab dengan kata “siap” dari banyak suara Lain. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *