Ketua Bappilu Partai Nasdem diperiksa KPK

Jakarta, sinarindonesia.id– Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Tommy Nursamsu Mardisusanto, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Dapil DIY 1 itu dimintai keterangan terkait pelaksanaan proyek pengadaan pupuk di Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Tommy diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada awak media, Selasa (9 Januari 2024).

Dijelaskannya, yang bersangkutan dikonfirmasi terkait dengan pengetahuannya soal pelaksanaan proyek pengadaan pupuk di Kementan RI pada saat tersangka SYL menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini masih memproses hukum SYL atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sebelumnya, KPK juga sudah memproses hukum dua orang anak buah SYL di Kementan RI atas kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi.

Anak buah SYL itu adalah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara, SYL sendiri disangkakan melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU 8/2010 tentang TPPU. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *