Ketua KPK Firli Bahuri Dijadwalkan Akan Diperiksa Polda Metro Jaya Hari ini

Jakarta, sinarindonesia.id- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Selasa (14 November 2023). Firli sedianya diperiksa sebagai saksi untuk kedua kalinya pada Selasa (7 November 2023). Namun, Firli absen dengan dalih memiliki kegiatan di Aceh.

Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kemudian menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Firli. Surat panggilan sudah dikirim dan diterima di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat (10 November 2023).

“Dijadwalkan, pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahannya rencananya akan dilakukan pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 pukul 10.00 WIB,” kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada media, Senin (13 November 2023).

Hingga Senin kemarin belum ada konfirmasi dari Firli ataupun KPK terkait kehadirannya dalam pemeriksaan kali ini. Ade menuturkan belum ada pemberitahuan ke penyidik.

Diketahui, Penyidik Subdit V Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menaikkan status kasus pemerasan itu ke tahap penyidikan berdasarkan gelar perkara pada Jumat (6 Oktober 2023). Penyidik menggunakan Pasal 12 huruf e, Pasal 12 huruf b, dan atau Pasal 11 UU Tipikor jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Dalam penyidikan kasus ini, penyidik telah memeriksa 70 orang saksi serta lima ahli sejak surat perintah penyidikan terbit pada (9 Oktober 2023).

Selain itu, polisi juga diketahui telah menggeledah dua rumah milik Firli pada 26 Oktober lalu. Dua rumah tersebut beralamat di Jalan Kertanegara 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Perum Gardenia Villa Galaxy A2 Nomor 60, Kota Bekasi.

Buntut dari penggeledahan itu, polisi pun memeriksa Alex Tirta selaku penyewa rumah di Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *