Ketua KPK Kembali Mangkir Dari Panggilan Dewas KPK

Headline, Nasional632 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Untuk kedua kalinya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak memenuhi pemanggilan Dewan Pengawas (Dewas) KPK hari ini, Senin 13 November 2023. Juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, Dewas KPK telah melakukan penjadwalan ulang pemanggilan terhadap Firli Bahuri yang sejatinya dilakukan hari ini.

“Surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023,” kata Ali kepada media, Senin (13 November 2023).

Dijelaskan Ali, Ketua KPK meminta penjadwalan ulang pemanggilan terhadap dirinya, karena hari ini pensiunan jenderal polisi bintang tiga itu sudah ada agenda.

“Penjadwalan ulang dilakukan mengingat pada undangan pemeriksaan semula, Pak Firli Bahuri sudah terjadwal untuk kegiatan lain,” kata Ali Fikri.

Dipastikan Ali, Firli Bahuri dipastikan hadir pada pemanggilan besok Selasa, 14 November 2023. “Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang ditentukan,” jelas Ali.

Pada pemeriksaan besok, Firli akan memberikan keterangan kepada Dewas KPK soal pertemuannya dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas dugaan pemerasan.

“Dalam pemeriksaan nanti, pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses penegakan etik,” tambah Ali.

Diketahui, Anggota Dewas KPK Albertina Ho menyampaikan pihaknya akan memanggil Firli Bahuri pada hari ini. “Klarifikasi Firli Bahuri dijadwalkan hari Senin, 13 November Jam 10.00 WIB,” kata Albertina Ho kepada wartawan, Sabtu, (11 November 2023).

Sebelumnya, Dewas KPK batal memeriksa Firli Bahuri pada Jumat, 27 Oktober 2023. Firli meminta agar pemeriksaan diundur setelah tanggal 8 November 2023 dan setelah pemeriksaan empat pimpinan KPK lainnya. (red)

By: Hadid