Kontak Sosial Sumber Gejala Cacar Monyet

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan, dari 38 kasus cacar monyet (Mpox), 16 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi di rumah sakit. Keseluruhan pasien adalah laki-laki dengan rentang usia 25 hingga 50 tahun dan tertular dari kontak sosial.

“Semua bergejala ringan, dan tertular dari kontak sosial,” kata Ngabila, Kepala Seksi Surveilans Epidemologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Sabtu (18 November 2023).

Diketahui, dari 38 kasus, satu kasus terjadi pada Agustus 2022 dan 37 kasus terus bertambah sejak awal November 2023. Dari total tersebut positivity rate PCR menunjukkan angka 23 persen.

Dijelaskan Ngabila, Hingga Jum’at (17 November 2023), sebanyak 123 orang sudah melakukan PCR dan hasilnya negatif. Sedangkan, masih ada 4 orang yang berstatus suspek atau terduga bergejala.

Ngabila menegaskan, pasien yang sudah sembuh dari kasus cacar monyet sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan HIV, tuberkulosis (TB), dan diabetes militus (DM).

“Semua pasien HIV dan IMS diskrining aktif gejala Mpox dan jika ada yang kontak erat (walau tidak bergejala) dalam 1 bulan terakhir dengan yang positif mpox, segera diswab PCR,” tegasnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *