Korban Keracunan Gas Caustic Soda Bertambah Menjadi 123 Orang

Karawang, sinarindonesia.id– Korban keracunan akibat kebocoran pipa caustic soda milik PT Pindo Deli, dikabarkan bertambah menjadi 123 orang. Data itu dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, usai melakukan pendataan dan evakuasi.

“Data terakhir tercatat 123 orang warga, termasuk di antaranya para pekerja proyek yang tengah lembur di sekitar pabrik mengalami keracunan gas caustic soda tersebut,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Mahpudin, kepada awak media, Minggu (21 Januari 2024).

Dijelaskannya, 123 orang warga yang dievakuasi kini dirawat terpisah di sejumlah puskesmas maupun rumah sakit. 3 orang dievakuasi ke Puskesmas Ciampel, 43 orang dievakuasi ke RS Rosela, 9 orang di RS Mustika, 21 orang di RS Bayukarta, 24 orang di RS Mandaya, 18 orang dirawat di Puskesmas pembantu desa, 2 orang di klinik Zahra, 1 orang di RS Delima Asih, dan 2 orang di RS Primaya.

“Sebagian warga sudah kembali pulang setelah dipastikan wilayah pemukimannya steril dari cemaran udara tersebut,” lanjutnya.

Dikatakannya, mayoritas warga yang menjadi korban kebocoran gas caustic soda, rata-rata mengeluhkan soal pernafasan, dan nyeri ulu hati yang menyebabkan mual hingga pusing, dan sakit tenggorokan.

Hingga kini, pihaknya bersama dengan Dinas Kesehatan serta TNI-Polri, bersiaga dilokasi guna memastikan warga dalam kondisi aman, dan dalam pelayanan kesehatan yang baik.

“Kami masih siaga bersama tim gabungan dari pemerintahan dan aparat, kita harus memastikan warga dalam kondisi aman, dan dalam pelayanan kesehatan yang baik,” pungkasnya.

Guna mengetahui penyebab pasti dari keracunan tersebut, Kepolisian Polres Karawang tengah melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi termasuk sejumlah pekerja di PT Pindo Deli. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *