KPK Membidik Dugaan Korupsi di PT Telkom Group Benilai Ratusan Miliar Rupiah

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan tengah membidik kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di PT Telkom Group.

Saat ini, penyidik tengah berupaya mengumpulkan alat bukti dengan merencanakan pemeriksaan terhadap sejumlah orang termasuk pihak swasta yang dilibatkan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, mengatakan kasus terbsebut menjadi atensi KPK karena diduga memenuhi syarat korupsi.

“Benar, saat ini, penyidik sedang melakukan pengumpulan alat bukti untuk mengungkap dugaan korupsi di PT Telkom Group tersebut,” kata Ali, kepada media, dikutip Rabu (22 Mei 2024).

Dijelaskannya, pengadaan barang dan jasa di Telkom Grup itu terindikasi fiktif.

Proyek tersebut menghabiskan anggaran negara mencapai ratusan miliar rupiah.

“Hal ini terindikasi fiktif, dimana terjadi pengeluaran uang negara secara melawan hukum dengan perhitungan sementara mencapai ratusan miliar rupiah,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, kata Ali, pihaknya akan mengumumkan secara lengkap para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

Pengumuman itu akan disampaikan setelah penyidik menyatakan telah memenuhi unsur pidana dengan kesiapan alat bukti yang cukup.

“Tentu prosesnya bertahap, kami akan informasi jalannya proses penyidikan ke publik,” ucapnya.

Sebelumnya, ungkap Ali, penyidik sudah melakukan penggeledahan di beberapa lokasi terkait kasus dugaan korupsi tersebut.

Namun, untuk hasil dari penggeledahan yang dilakukan nanti akan dibeberkan bersamaan dengan terpenuhnya unsur pidana terutama alat bukti.

“Setelah semua dipastikan memenuhi unsur pidana, nanti akan kami informasikan ke temen-temen dimana saja penggeledahannya dan apa saja hasilnya,” pungkasnya. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *