KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Sebagai Tersangka Korupsi Pemotongan Dana Insentif

Jakarta, sinarindonesia.id– Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor, ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pemotongan dana insentif oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peningkatan status dari saksi menjadi tersangka itu ditetapkan KPK, setelah melalui analisis terhadap barang bukti dan keterangan saksi yang diperiksa.

“Iya, KPK tetapkan satu pihak terkait lainnya sebagai tersangka dalam perkara korupsi pemotongan dan penerimaan uang di lingkungan BPPD Pemkab Sidoarjo,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada media, Selasa (16 April 2024).

Dijelaskannya, bahwa pihak yang ditetapkan sebagai tersangka itu adalah bupati Kabupaten Sidoarjo, periode 2021 sampai dengan sekarang.

“Benar, yang bersangkutan menjabat bupati di Kabupaten Sidoarjo periode 2021 sampai dengan sekarang,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata Ali, Gus Muhdlor diduga menerima uang terkait dengan dana insentif yang diterima para pegawai Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo.

“Penyidik menemukan peran dan keterlibatan pihak lain yang turut serta dalam tindak pidana korupsi berupa pemotongan dan penerimaan uang di lingkungan BPPD Pemkab Sidoarjo,” ucapnya.

Melalui temuan itu, penyidik kemudian menggelar perkara dan disepakati ada pihak yang turut mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum karena menikmati aliran sejumlah uang.

Diketahui, Gus Mudhlor pernah diperiksa tim penyidik KPK sebagai saksi pada Jumat, 16 Februari 2024.

Pemeriksaan itu terkait temuan awal KPK, pada kasus potongan dana insentif pajak yang diduga melibatkan tersangka Kasubag Umum BPPD Sidoarjo Siska Wati diperuntukkan untuk kepentingan bupati dan Kepala BPPD Sidoarjo Ari Suryono.

Sementara, terungkapnya kasus ini, berkat Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar tim KPK di Sidoarjo pada Kamis, 25 Januari 2024. Siska bersama 10 orang lainnya ditangkap tim KPK dalam operasi senyap tersebut. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *