KPU Diminta MA Cabut Aturan Batas Usia Calon Kepala Daerah

Headline, Nasional67 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Permohonan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) terkait aturan batas minimal usia calon Gubernur dan Wakil Gubernur 30 tahun, dikabulkan Mahkamah Agung (MA).

Pengabulan permohonan itu tertuang dalam putusan nomor 23 P/HUM/2024 yang diputuskan Majelis Hakim pada Rabu (29 Mei 2024).

Ketua Majelis yang memutuskan adalah Yulius dan anggotanya. Putusan itu-pun telah ditampilkan di laman resmi MA.

“Mengabulkan permohonan keberatan hak uji materiil dari Pemohon: PARTAI GARDA REPUBLIK INDONESIA (PARTAI GARUDA),” bunyi putusan di laman resmi MA.

Dikutip dari laman tersebut, bahwa MA menyatakan Pasal 4 ayat (1) huruf d Peraturan KPU RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah bertentangan dengan UU Nomor 10 Tahun 2016.

Dari putusan itu, MA mengubah ketentuan yang sebelumnya cagub dan wakil cagub minimal berusia 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan calon menjadi setelah pelantikan calon.

“Warga Negara Indonesia dapat menjadi calon gubernur dan wakil gubernur memenuhi persyaratan sebagai berikut, berusia paling rendah 30 tahun,” isi laman.

Dalam Pasal 4 PKPU Nomor 9 Tahun 2020 tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai:

“Berusia paling rendah 30 tahun untuk calon gubernur dan wakil gubernur dan 25 tahun untuk calon bupati dan wakil bupati atau calon wali kota dan wakil wali kota terhitung sejak pelantikan pasangan calon terpilih”

Dari laman tersebut juga tertulis bahwa MA memerintahkan KPU RI untuk mencabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tersebut. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *