KPU Diperintahkan MK Hitung Ulang Suara Caleg 8 Kecamatan di Aceh

Daerah, Headline, Politik44 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK) menghitung ulang surat suara calon anggota DPR Aceh di seluruh TPS di delapan Kecamatan.

Perintah penghitungan ulang itu, sesuai putusan majelis hakim MK dalam sidang pengucapan putusan terhadap perkara Nomor 20-01-04-01/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 yang dimohonkan oleh Partai Golkar.

“Memutuskan bahwa hasil perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh daerah pemilihan Aceh 6 pada seluruh TPS di delapan kecamatan harus dilakukan penghitungan ulang surat suara,” kata Ketua MK Suhartoyo, Jum’at (7 Juni 2024).

Sementara, delapan kecamatan yang dimaksud adalah kecamatan Idi Rayeuk, Birem Bayeun, Peureulak, Ranto Peureulak, Peureulak Timur, Peureulak Barat, Simpang Jermit dan Peunaron.

Untuk diketahui, bahwa dalam permohonannya, Partai Golkar mendalilkan telah terjadi penambahan suara untuk Partai Gerindra dan Partai Aceh, yang dilakukan oleh PPK pada saat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

Partai Golkar menilai, adanya penambahan suara tersebut terjadi ketika pihaknya menyandingkan hasil rekap mandiri Formulir C.

Hasil DPRA yang dimilikinya dengan Formulir D. Hasil Kecamatan-DPRA yang dimiliki oleh termohon.

Partai Golkar telah menyampaikan surat keberatan terhadap hasil pleno kepada Panwaslu Kabupaten Aceh Timur.

Laporan itu, kemudian ditindaklanjuti dengan saran perbaikan dari Panwaslu Kabupaten Aceh Timur kepada KIP Kabupaten Aceh Timur.

Partai Golkar mengatakan KIP Kabupaten Aceh Timur telah menindaklanjuti dengan mengirimkan surat kepada Ketua PPK di delapan kecamatan tersebut.

Namun, surat untuk memperbaiki penghitungan suara itu tidak ditindaklanjuti. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *