KPU Mengikuti Sidang DKPP Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu ditunda

Jakarta, sinarindonesia.id– Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melaksanakan sidang pemeriksaan Kode etik terhadap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari dan semua anggotanya. Dengan berlangsungnya sidang tersebut rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional harus ditunda.

“Mereka mengikuti sidang pemeriksaan terkait dugaan kebocoran data,” Sekretaris DKPP David Yama.

Dijelaskannya, DKPP menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara nomor 4-PKE-DKPP/I/2024 di Ruang Sidang DKPP, hari ini Rabu (28 Februari 2024).

“Adapun mereka yang mengikuti sidang adalah Ketua dan Anggota KPU RI,” sambungnya.

Diketahui, dalam pokok aduannya, pengadu mendalilkan para teradu tidak akuntabel dan profesional karena ada dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024.

Menurut Sekretaris DKPP David Yama, agenda sidang ini adalah mendengarkan keterangan dari Pengadu, Teradu, ataupun Pihak Terkait dan Saksi-saksi yang dihadirkan.

Pihaknya mengaku DKPP telah memanggil para pihak secara patut sesuai ketentuan Pasal 22 ayat (1) Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Kami telah memanggil semua pihak secara patut dengan menyampaikan surat pemanggilan sidang lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” pungkasnya. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *