KPU Pidanakan KPPS Yang Terbukti Melakukan Pencoblosan Sisa Surat Suara

Jambi, sinarindonesia.id– Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, diketahui dipidanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perbuatan KPPS tersebut terbukti melawan hukum karena mencoblos surat suara sisa usai pecoblosan Pemilu 14 Fenruari 2024.

“Yang bersangkutan, mencoblos surat suara sisa. Ia adalah KPPS. Itu masuk ranah pidana,” kata Anggota KPU Provinsi Jambi Fahrul Rozi, kepada media, Minggu (25 Februari 2024).

Dijelaskannya, dibawanya temuan itu ke Ranah Hukum karena sesuai rekomendasi dari Bawaslu.

“Petugas penyelenggara Pemilu 2024 itu mesti diganti. Petugas pun dijerat pidana dan diproses di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu,” sambungnya.

Dalam putusannya, KPPS tersebut direkomendasikan Bawaslu untuk digantikan. Pergantian itu disegerakan karena akan menyelenggarakan PSU di 21 TPS yang tersebar di Kota Jambi, Kabupaten Tebo, dan Kabupaten Batanghari.

Terpisah, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin mengatakan untuk kasus tersebut pihaknya tidak hanya merekomendasikan PSU. Tetapi, juga melakukan proses penegakan hukum.

“Secara administratif, kita memberikan rekomendasi pemungutan suara ulang. Dan pidana pemilunya kita akan membahasnya di sentra Gakkumdu,” kata Arifin.

Disinggung persoalan keamanan saat pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU). Ditegaskan Arifin, tidak ada persiapan yang berbeda saat PSU nantinya. Semua dipersiapkan seperti biasa dibawah pengamanan aparat kepolisian dan TNI. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *