KSAD Agus Subiyanto Diusulkan Jadi Panglima TNI

Jenderal Yudo Memasuki Masa Pensiun

Global, Headline, Nasional498 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, dikabarkan menjadi pilihan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Laksamana Yudo Margono, yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2023. Bahkan Presiden telah mengirimkan surat Presiden (Surpres) pengganti Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kabar tersebut dibenarkan Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI P, TB Hasanuddin.

“Iya saya dapat informasi bahwa ada surat itu, Surpres, surat presiden yang dikirim ke DPR yang konon itu adalah surat minta persetujuan dari DPR tentang pengangkatan KSAD, Pak Agus menjadi Panglima TNI,” kata Hasanuddin kepada wartawan, Senin (30 Oktober 22023).

Diketahui Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik menjadi KSAD pada Rabu (25 Oktober 2023) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Hasanuddin mengaku belum mengetahui kapan surpres itu akan ditindaklanjuti DPR. Pasalnya Yudo baru akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2024.

“Paling tidak mungkin minggu depan ya (fit and proper test),” tandas Hasanuddin.

Informasi serupa juga disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, ia mengatakan Surpres pergantian Panglima TNI sudah disampaikan kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“Tadi siang sekitar jam 11.30 WIB, Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung,  Surpres terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI  Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR,” kata Ari. “Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media,” Katanya.(red)

By : Hadid