Latihan Fisik Menjadi Bagian Manasik Haji 2024

Bentuk latihan minimal jalan kaki

Jakarta,sinarindonesia.id- Kementerian Agama (Kemenag) RI, berencana akan memperkenalkan kesiapan fisik bagi calon jamaah haji. Kegiatan manasik untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi, tidak hanya menekankan pada bacaan atau doa-doa, tetapi diisi juga latihan fisik.

“Selama ini kita lebih ke bacaan dan hafalan doa. Kami coba perkenalkan manasik berupa latihan fisik. Sebelum bermanasik, jamaah diminta jalan kaki dulu,” ujar Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat di Jakarta, Rabu (1 November 2023).

Arsad mengatakan ibadah haji adalah ibadah fisik, disamping memanjatkan doa. Untuk itu, jamaah calon haji perlu mempersiapkan kemampuan fisik saat akan menjalani ibadah haji. Kemampuan fisik ini berkaitan dengan isu kesehatan jamaah yang menjadi salah satu perhatian Kemenag dalam melakukan persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji.

Dijelaskannya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, telah menggelar mudzakarah khusus membahas syarat istithaah (kemampuan) kesehatan jamaah calon haji. Mudzakarah Perhajian, kata Arsad, telah menghasilkan sembilan rekomendasi dan menitikberatkan kepada penguatan istithaah kesehatan jamaah calon haji. (red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *