Longsor Tutup Akses Jalan Lintas Sumatera Gunung Tua

Paluta, sinarindonesia.id– Kawasan perbukitan Nabundong, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Paluta, Sumatera Utara, dikabarkan tertimbun longsor. Akibatnya, Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menuju Kota Padang Sidempuan, tertimbun reruntuhan tanah.

“Peristiwa itu terjadi Selasa pagi, tingginya intensitas hujan mengakibatkan longsor di sejumlah titik di kawasan perbukitan Nabundong,” kata Kasatlantas Polres Tapanuli Selatan, AKP Sofian, kepada awak media, Selasa (26 Desember 2023).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah menempatkan satu unit alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Paluta, untuk membersihkan material longsor, tanah, batu dan kayu yang menutupi badan jalan.

Akibat banyaknya material tanah dan kayu yang menutupi badan jalan, untuk sementara pihaknya terpaksa memberlakukan sistem buka tutup lintasan.

Jalan satu arah dan bergantian itu dilakukan sebagai upaya mengurai kemacetan yang terus mengular di sepanjang jalan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun polisi menghimbau kepada pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya longsor susulan.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat, tidak menutup kemungkinan peristiwa yang tidak diinginkan itu kembali terjadi. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *