Mabes Polri Masuk Tim Penyelidikan Ledakan Tungku Pabrik PT ITSS

Sulawesi Tengah, sinarindonesia.id– Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah membentuk tim gabungan untuk menyelidiki peristiwa kecelakaan kerja yang terjadi di PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), Minggu (24 Desember 2023). Peristiwa tersebut menjadi penting karena telah mengakibatkan 59 orang karyawan terluka dan 13 orang diantaranya meninggal dunia.

“Guna penyelidikan, kami telah membentuk tim gabungan yang melibatkan inafis dan Bareskrim Mabes Polri,” kata Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho, kepada awak media, Senin (25 Desember 2023).

Dijelaskannya, saat peristiwa terjadi, ia bersama jajaran langsung menuju Kabupaten Morowali, menggecek penyebab meledaknya tungku pabrik tersebut.

Untuk penyelidikan lanjutan, pihaknya akan melibatkan banyak pihak guna meneliti sumber ledakan yang disebut terjadi di gedung lantai 2 dan lantai 3.

Dari kronologis kejadian, diakui Kapolda, peristiwa terjadi saat tim teknis dari PT ITSS akan melakukan perbaikan terhadap salah satu tungku feronito yang ada di lantai 2.

“Saat tim teknis melakukan pembongkaran terhadap tungku yang di maksud, terjadi ledakan disertai dengan semburan api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran,” bebernya.

Akibat kecelakaan itu, kata Agus, sebanyak 59 karyawan PT ITSS menjadi korban.13 orang diantaranya meninggal dunia, mereka adalah empat korban dari Tenaga Kerja Asing (TKA) dan sembilan korban dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Sementara 29 pekerja lainnya mengalami luka berat, 12 korban mengalami luka sedang, serta lima korban mengalami luka ringan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *