Mantan Koruptor Aziz Syamsuddin Kembali diperiksa KPK

Jakarta, sinarindonesia.id– Mantan koruptor Aziz Syamsuddin, dikabarkan kembali diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap dan pencucian uang mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari. Eks Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu, diperiksa sebagai saksi.

“Saat ini yang bersangkutan (Azis Syamsuddin) sudah hadir dan sedang menjalani pemeriksaan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada awak media, Selasa (23 Januari 2024).

Dijelaskannya, dalam menindaklanjuti perkara korupsi yang melibatkan Bupati Kutai Kartanegara itu, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Anggota Polri Agus Susanto, Nikodemus R. Pattuju (Mahasiswa), Riefka Amalia (Ibu Rumah Tangga), dan Ardi Yanoor (Staf Kantor Hukum Maskur Husain).

Diketahui, Rita dan Azis terjerat kasus dugaan suap yang melibatkan mantan penyidik KPKAKP Stepanus Robin Pattuju. Hanya saja, Azis telah menjalani proses hukum dan dinyatakan bebas bersyarat pada 18 Agustus 2023.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 18 Oktober 2021, Rita yang ketika itu dihadirkan sebagai saksi menyebut Robin sebagai malaikat.

Penilaian tersebut terlontar saat Robin menemuinya di Lapas Kelas IIA Tangerang dengan maksud membantu kepentingannya di Peninjauan Kembali (PK).

“Malaikat datang, pikiran saya ada orang menolong saya. Saya kan dalam posisi yang sangat buruk,” kata Rita saat memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 18 Oktober 2021.

Robin bisa menemui dan mengenal Rita melalui perantara Azis. Pertemuan berlangsung sekitar September 2020. Adapun Lapas Kelas IIA Tangerang merupakan tempat Rita menjalani hukuman pidana 10 tahun atas kasus suap dan gratifikasi terkait izin perkebunan kelapa sawit. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *