Mendagri Minta Maskapai Tidak Aji Mumpung Menaikkan Harga Tiket

Headline, Nasional38 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri, meminta seluruh maskapai penerbangan maupun transportasi darat dan laut untuk tidak menaikkan harga tiket pada periode mudik lebaran 2024. Menaikkan harga tiket yang terlampau tinggi, pastinya akan membebani masyarakat untuk bisa pulang kampung.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan selain membebani masyarakat yang ingin pulang kampung, kenaikan harga tiket juga dikhawatirkan akan memicu inflasi di sektor transportasi.

“Jadi jangan aji mumpung, orang banyak menggunakan transportasi kemudian dipanjar harga tinggi untuk dapat keuntungan, tapi dampaknya nanti adalah di inflasi,” kata Tito, kepada media, dikutip Selasa (19 Maret 2024).

Dijelaskannya, untuk persoalan tersebut pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Saya optimistis berbagai langkah sudah dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, termasuk persoalan harga tiket,” ungkapnya.

Menurut Tito, salah satu Langkah positif adalan dengan cara mengumpulkan para maskapai dan berdiskusi untuk mencari solusi terbaik.

“Untuk hal itu, Kemenhub saya kira sudah mengambil langkah untuk sektor transportasi, termasuk penyedia pengusaha di bidang transportasi untuk menjaga stabilitas harga,” pungkasnya.

Diketahui, ditengah tingginya permintaan, seperti tahun-tahun sebelumnya menaikkan harga tiket seakan sudah menjadi budaya di kalangan maskapai penerbangan maupun moda transportasi lainnya.

Mereka disinyalir sengaja memanfaatkan situasi, untuk meraup keuntungan. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *