Novel Baswedan Cs Layangkan Uji Materiil Batas Usia Pimpinan KPK ke MK

Jakarta, sinarindonesia.id– Novel Baswedan Cs, mewakili IM57+ Institute mengajukan permohonan uji materiil terkait minimum batas usia pimpinan KPK ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Adapun landasan yang diajukan adalah Batas usia minimal 40 tahun sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang yang lama serta adanya minimum pengalaman sebagai pegawai KPK selama satu periode kepemimpinan.

Ketua IM57+ Institute M. Praswad Nugraha, mengatakan permohonan uji materiil itu disampaikan sebagai langkah untuk mendorong hadirnya jiwa muda sebagai pimpinan KPK.

“Atas dorongan itu, kami hari ini telah menyerahkan berjas gugatan ke MK terkait ambang batas usia atau umur,” kata Nugraha, kepada media, Selasa (28 Mei 2024).

Dijelaskannya, pembentukan Undang-Undang KPK yang lama, termasuk penentuan umur, merupakan landasan untuk mendorong agar pimpinan KPK berjiwa muda untuk menggebrak sebagaimana batasan umur komisi lain yang hadir pascareformasi.

Dikesempatan yang sama, Novel Baswedan mengatakan bahwa pengajuan uji materiil ini berangkat dari keprihatinan terkait permasalahan yang kini dihadapi beberapa pimpinan KPK.

“Pengajuan uji materiil ini karena adanya krisis kepemimpinan yang nyata di KPK, bahkan hal ini bukan hanya soal hak kami semata, tetapi merupakan upaya membuat KPK lebih baik,” ungkapnya.

Melalui uji ambang batas umur, ia berharap nantinya individu-individu yang berintegritas dan berpengalaman dapat berkontribusi untuk mendukung KPK dengan ikut dalam kontestasi calon pimpinan KPK. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *