Oknum Dosen Cetak dan Edarkan Uang Palsu

Daerah, Headline, Kriminal346 Dilihat

Sorong, sinarindonesia.id– Seorang dosen di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, dikabarkan ditangkap polisi atas dugaan mencetak dan mengedarkan uang palsu pecahan Rp50 ribu. Uang tersebut diedarkan melalui agen BRILink.

“Pelaku berinisial N, yang diamankan diketahui berprofesi sebagai dosen di salah satu universitas di Kota sorong,” kata Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, kepada awak media.

Dijelaskannya, pelaku mengedarkan uang palsu tersebut dengan melakukan transfer melalui agen BRILink.

“Pelaku ditangkap di rumahnya di kawasan Aimas, Kabupaten Sorong,” ucapnya.

Dari pengakuannya, terakhir pelaku dalam aksinya mendatangi agen BRILink untuk melakukan transfer senilai Rp 3,5 juta pada Sabtu (6 Januari 2024) sekitar pukul 11.30 WIT.

“Untuk yang di transfer ke BRILink sejumlah Rp 3.500.000 dengan campuran uang asli dan palsu,” bebernya.

Pemilik BRILink curiga dengan uang yang diserahkan pelaku. Selanjutnya pemilik BRILink melaporkan kasus tersebut ke polisi.

“Saat uang diserahkan, pemilik BRILink curiga uang itu palsu, jadi ketika uangnya palsu kemudian dimintalah uang yang asli kemudian disetorkan. Tapi, pihaknya melaporkan hal itu ke kepolisian,” terangnya.

Penyidik yang mendatangi lokasi, kemudian memeriksa rekaman CCTV. Selanjutnya polisi mendatangi pelaku di rumahnya dan melakukan penggeledahan kemudian ditemukan uang palsu pecahan Rp 50 ribu.

“Saat penggeledahan ditemukan uang palsu pecahan Rp 50 ribu sebanyak 12 lembar,” lanjutnya.

Selain barang bukti tersebut, penyidik juga menyita sepeda motor yang digunakan saat melakukan transfer di BRILink berikut helm dan baju, kerudung dan tas tempat penyimpanan uang.

Kepada polisi, pelaku mengaku nekat mencetak uang palsu karena desakan ekonomi dan untuk membayar utang.

Pelaku berinisial N, dijerat dengan Pasal 34 ayat 2 juncto Pasal 24 ayat 2 UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *