Oknum Pejabat Penyokong Menjamurnya Penambang Nikel Ilegal

Headline, Nasional50 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Maraknya aktivitas penambangan nikel illegal di berbagai daerah di Indonesia, mendapat sorotan Komisi VII DPR RI. Perbuatan melawan hukum yang terkesan dibiarkan tersebut, dikhawatirkan akan mengancam keberlangsungan program hilirisasi.

“Yang kita inginkan adalah nilai tambah besar dari hilirisasi dan industrialisasi. Isu tambang ilegal ini menghimpit. Kalau penanganan tambang ilegal itu lambat, maka akan menimbulkan banyak mafia tambang baru,” kata Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto, Selasa (12 Desember 2023).

Dijelaskannya, saat ini pemerintah tengah mendorong hilirisasi nikel untuk mendukung pertumbuhan industri baterai kendaraan listrik. Sementara situasi dilapangan seakan menghidupkan ilegal pelaku penambangan nikel.

Kehadiran mereka yang kian menjamur, diakui Mulyanto, akan mengancam program yang tengah berlangsung. Mulyanto mengaku kecurigaan tambang ilegal yang sulit dibendung lantaran adanya dugaan aksi penyokongan oleh oknum pejabat dan aparat.

Terlebih kata Mulyanto, pencegahan semakin sulit terwujud di tengah situasi menjelang pemilihan presiden seperti saat ini.

“Menjamurnya mafia tambang itu disertakan dengan ikutnya para pengambil kebijakan jadi pemain disebut beking, mulai eksekutif, legislatif dan yudikatif. Apalagi menjelang tahun politik semakin ramai,” tudingnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *