Otorita IKN Cabut Surat Edaran Penggusuran Warga Minta Surat Resmi Pembatalan

Penajam, sinarindonesia.id– Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan tidak akan menggusur rumah warga yang berada di sekitar kawasan Kota Nusantara. Sesuai perundang-undangan dan hak masyarakat akan dilindungi.

“Sesuai perundang-undangan dan hak masyarakat dilindungi, jadi tidak ada warga yang rumahnya digusur di sekitar kawasan Kota Nusantara,” kata Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin, kepada media, Sabtu (16 Maret 2024).

Dijelaskannya, kepastian hukum itu disampaikan berkaitan dengan surat Otorita IKN yang sebelumnya sempat diberikan kepada sekitar 300 orang warga di sejumlah desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Surat yang dikeluarkan Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan dengan Nomor 179/DPP/OIKN/III/2024 itu mengenai undangan atas arahan pelanggaran pembangunan yang tidak berizin dan atau tidak sesuai tata ruang Kota Nusantara,” ungkapnya.

Dalam surat tersebut, menyebutkan hasil identifikasi tim gabungan terhadap ratusan rumah masyarakat yang tidak sesuai rencana tata ruang yang diatur dalam rencana detail tata ruang (RDTR) wilayah perencanaan ibu kota negara.

“Adapun surat itu sudah ditarik dan dianggap gugur. Saat ada lahan warga yang digunakan untuk pembangunan Kota Nusantara akan dilakukan penggantian uang atau lahan dan lainnya,” pungkasnya.

Terpisah, Camat Sepaku Gamaliel Abimanyu Arliandito, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Otorita IKN telah menarik dan menganggap gugur surat yang sempat disampaikan kepada ratusan warga tersebut.

“Dalam sebuah pertemuan, semua warga yang menerima surat diundang dan Otorita IKN melakukan penarikan surat itu,” kata Arliandito, kepada media.

Untuk saat ini, pihak kelurahan dan desa yang warganya mendapat surat dari Otorita IKN meminta surat resmi yang menyatakan surat tersebut telah ditarik dan dinyatakan gugur. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *