Paguyuban Sanggar Seni Putro Wahyu Aji Lestarikan Budaya Dari desa

Daerah, Headline813 Dilihat

Lampung Tengah, sinarindonesia.id-Paguyuban Sanggar Seni Putro Wahyu Aji di Kampung Sripurnomo, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah, hadir untuk melestarikan budaya daerah. Lounching paguyuban oleh Camat Kalirejo, sekaligus menampilkan bergama seni tari, Minggu 8 Oktober 2023, pagi.

Aksi pentas seni para pemuda dan remaja

Ketua Paguyuban Sanggar Seni Putro Wahyu Aji, Nanang Suprapto mengatakan hadirnya sanggar seni di desa tersebut berhasil mengubah suasana perkampungan.

“Masyarakat yang mayoritas berasal dari pulau jawa ini antusias menyaksikan tarian kuda kepang dan seni budaya lainnya, yang saat ini jarang dijumpai,” kata Nanang Suprapto.

Menurut Nanang, acara yang digelar oleh Paguyuban Sanggar Seni Putro Wahyu Aji dalam rangka melestarikan seni budaya. “Acara hari ini dalam rangka pengukuhan dan pentas perdana Sanggar Seni Putro Wahyu Aji. Dan ini kiprah kita untuk menjaga dan melestarikan seni budaya nenek moyang kita,” kata Nanang.

Nanang berharap dengan dikukuhkannya Paguyuban Sanggar Seni Putro Wahyu Aji khususnya di Kampung Sri Purnomo ini dapat menjadi ajang silahturahmi dan memperkenalkan seni budaya terutama kuda kepang kepada para generasi muda dan masyarakat secara umum.

“Dan ini juga merupakan upaya kita menjaga dan melestarikan dan mencintai seni budaya melalui pementasan atau pertujukan dan juga menjadi ajang saling bersilahturahmi dan menjaga kekompakan khususnya para pencinta seni disini,” ujarnya.

Camat Kalirejo, Johanes mengata sangat mengapresiasi pengukuhan dan pentas seni yang di gelar Paguyuban Sanggar Putro Wahyu Aji.

“Ini merupakan warisan budaya nenek moyang kita yang harus dan tetap kita lestarikan.Kesenian atau paguyuban sanggar Putro Wahyu Aji dan merupakan kewajiban kita untuk melestarikannya,” kata Johanes.

Menurut Johanes, keberadaan paguyuban sanggar Seni Wahyu Putro Aji khususnya di Kecamatan Kalirejo merupakan aset dan bentuk sumbangsih kepada negara melalui yaitu seni dan kebudayaan.

“Presiden Amerika, Jhon F Kennedy, mengatakan Jangan Tanyakan Apa Yang Negara Ini Berikan Kepada Kita Tapi Tanyakan Apa yang Telah Kita Berikan Kepada Negaramu. Dan pengukuhan Sanggar Wahyu Aji merupakan salah satu andil atau sumbangsih kita kepada negara, menjaga dan melestarikan seni budaya,” ujarnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *