Panik!! Gempa 5,7 Magnitudo Guncang Sumatera Utara

Sumatera Utara, sinarindonesia.id– Gempa Bumi berkekuatan 5,7 Magnitudo, dikabarkan mengguncang sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Gempa tersebut dirasakan kuat oleh masyarakat terutama mereka yang berdomisili di Kota Padang Sidimpuan.

Arman, salah seorang warga Kota Padang Sidimpuan, mengatakan saat kejadian warga disekitar tempat tinggalnya sontak berhamburan ke luar rumah.

“Warga berhamburan ke luar rumah. Kejadian itu sekitar pukul 1820 WIB,” kata Arman, kepada media, Rabu (5 Juni 2024).

Dijelaskannya, gempa yang dirasakan tidak terlalu lama. Namun, warga hingga kini masih ramai berkumpul di halaman rumah atau jalanan.

“Masih banyak warga yang berkumpul di halaman rumah dan jalanan,” ungkapnya.

Kepala Pusat gempa bumi dan tsunami BMKG, Daryono menyampaikan, gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,7 SR berpusat di wilayah Nias Selatan, Sumatra Utara.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,6,” kata Daryono.

Dijelaskannya, untuk episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,38° LU (Lintang Utara); 98,55° BT (Bujur Timur), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 Kilometer arah tenggara Nias Selatan, Sumtera Utara pada kedalaman 47 kilometer.

Dibeberkannya, bahwa lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal.

“Hal itu merupakan itu akibat adanya deformasi batuan Lempeng Eurasia (intraplate eq). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme mendatar turun,” ungkapnya

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui adanya kerusakan bangunan atau lainnya akibat gempa bumi tersebut. Peristiwa itu dikatakan tidak berpotensi tsunami. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *