PDIP Minta Capres Prabowo Meralat Pernyataan Soal Bung Karno Menggunakan Alutsista Bekas

Jakarta, sinarindonesia.id– Pernyataan Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto terkait Presiden RI pertama Soekarno menggunakan alutsista bekas saat perang pembebasan Irian Barat, menuai protes. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, meradang dengan pernyataan tersebut dan meminta untuk diralat sesuai kenyataannya.

“Tidak ada yang bekas sehingga kami harapkan Pak Prabowo melakukan koreksi atas pernyataannya saat debat Capres, Minggu (7 Januari 2024) itu,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, kepada awak media.

Dijelaskannya, alutsista yang dipakai Bung Karno saat itu baru, dan merupakan hasil dari pemberian negara-negara lain yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Bahkan saat itu, menurutnya alutsista baru yang dimiliki Indonesia juga dikerahkan untuk membantu kemerdekaan negara-negara lain.

“Seperti pengiriman Kapal Selam kelas Whiskey ke Pakistan. Dimana saat itu Bapak Bangsa Pakistan Muhammad Ali Jinnah itu membantu Indonesia dengan resolusi jihad pada 10 November 1945,” ungkapnya.

Diketahui, pernyataan Prabowo itu disampaikan untuk menjawab soal alutsista bekas, yang kerap disinggung Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024.

“Saya ingatkan, Bung Karno waktu menghadapi Irian Barat, seluruh alatnya bekas. Pak Ganjar, Bung Karno, seluruh pesawat terbang, kapal selam, cruiser, destroyer, semuanya bekas. Jadi, kita juga masih pakai banyak, sampai sekarang, pesawat bekas,” mengutip ucapan Prabowo saat debat Capres. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *