Pemerintah Akan Memperpanjang Izin Usaha PT Freeport hingga 2061

Headline, Nasional187 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, berencana akan memperpanjang Izin Usaha Pertambangan Khusus PT Freeport Indonesia. Perpanjangan akan disepakati selama 20 tahun ke depan hingga tahun 2061.

“Semua lagi proses, termasuk revisi Peraturan Pemerintah (PP),” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif kepada media, Jum’at (1 Desember 2023).

Dijelaskannya, perpanjangan kontrak itu sudah melalui banyak pertimbangan. Diantaranya potensi mineral yang dapat ditambang dan tambahan manfaat bagi pemerintah.

Dijabarkannya, selagi persoalan itu memberikan manfaat yang besar bagi negara, pemerintah akan memproses persetujuan perpanjangan. Meskipun di aturan sebelumnya perpanjangan sejatinya baru bisa dilakukan paling cepat 5 tahun atau paling lambat 1 tahun sebelum masa berlaku izin usaha berakhir.

“Nanti kita bisa refer ke yang lain kalau memang itu bisa memberi manfaat tambahan buat negara, kan nanti tambahan bikin lagi smelter, kemudian porsi pemerintah tuh lebih besar, dan kewajiban hilirisasi,” ucapnya.

Ditambahkannya, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, agar persoalan itu dapat diselesaikan secepatnya dan harusnya sudah selesai diakhir November kemarin. pungkasnya. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *