Pemerintah Bentuk Tim Selidiki Penyebab Ledakan Tungku Pabrik PT ITSS

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelidiki penyebab kecelakaan kerja yang terjadi di pabrik pengolahan nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang beroperasi di Kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah.

“Dari laporan yang kami terima bahwa pasca-kecelakaan ini, para korban ditangani dengan baik. Kami berharap agar perusahaan dapat kooperatif dengan tim investigasi kecelakaan kerja yang diturunkan ke lokasi,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (24 Desember 2023).

Dijelaskannya, penyelidikan itu dilakukan selain untuk mengetahui penyebab musibah di PT ITSS, juga dapat menjadi evaluasi dari perusahaan untuk lebih baik lagi dalam pengawasan dan pengendalian terkait penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

“Tim diturunkan ke lokasi guna mengetahui kebenaran perlakuan kerja, termasuk yang berkaitan dengan teknologi yang digunakan,” ungkapnya.

Dari Kemenperin sendiri, implementasi K3 sangat krusial untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan kerja di sektor industri.

Secara resmi. Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan mengemukakan, perkembangan terbaru hingga pukul 16.15 WITA, diketahui situasi di lokasi kejadian sudah terkendali. Jumlah korban meninggal yang terkonfirmasi sebanyak 13 orang, terdiri atas 9 pekerja Indonesia dan 4 pekerja asal Tiongkok. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *