Pemerintah Buka Peluang Pengangkatan Honorer Hindari PHK Massal

Headline, Nasional155 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bertekad untuk menyelesaikan penataan tenaga honorer atau non-ASN tanpa PHK massal. Komitmen ini telah ditegaskan dalam Keputusan Menteri PANRB No. 648/2023 tentang Mekanisme Seleksi PPPK Jabatan Fungsional.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah menyiapkan 80% kuota PPPK di dalam CASN 2023 khusus bagi eks THK-2 dan non-ASN.

“Pada Hakikatnya kami telah menyiapkan kuota 80 persen untuk formasi khusus bagi eks THK-2 dan non-ASN yang kelulusannya berdasarkan peringkat terbaik, dan kuota 20 persen bagi formasi umum di mana kelulusannya berdasarkan Nilai Ambang Batas dan peringkat terbaik,” jelas Azwar Anas.

“Artinya, pemerintah menempatkan tenaga non-ASN yang telah mengabdi untuk diberi afirmasi terlebih dahulu agar masuk ke PPPK,” imbuh Azwar Anas.

Dijelaskannya, hasil pendataan tenaga non-ASN saat ini berjumlah 2,3 juta pegawai yang terbagi menjadi 325.517 pada instansi pusat dan 2,02 juta di instansi daerah.

“Jumlah itu, sebagian sudah masuk menjadi ASN dari seleksi yang dilakukan dari tahun ke tahun. Kami proyeksi sisa tenaga non-ASN pada tahun 2024 sebanyak 1,6 juta,” ungkap Azwar Anas.

“Angka inilah yang bersama DPR kita matangkan solusi penataannya sesuai amanat UU ASN yang baru,” lanjut Azwar Anas. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *