Pemilu Rawan Hoaks

Pemilu

Headline, Nasional525 Dilihat

Jakarta, Sinarindonesia.id – Informasi atau berita hoaks dengan muatan isu Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tercatat di kemnterian komunikasi dan informasi (Menkominfo) naik hampir 10 kali lipat dalam satu tahun terakhir.

“Sepanjang tahun 2022 hanya 10 hoaks Pemilu, namun, sepanjang Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023 terdapat 98 isu hoaks Pemilu. Berarti terjadi peningkatan hampir 10 kali lipat isu hoaks dibandingkan tahun lalu,” kata Menkominfo  Budi Arie Setiadi di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (27 Oktober 2023).

Budi menilai peningkatan hoaks terkait isu Pemilu makin terasa signifikan saat memasuki Juli 2023 dan terus meningkat hingga Oktober 2023. Data terbaru untuk 27 Oktober 2023, sudah ditemukan tambahan sebanyak tiga hoaks baru yang menunjukkan bahwa penyebaran hoaks terkait Pemilu semakin memanas.

“Catatan kami menunjukkan penyebaran hoaks dan disinformasi terkait pemilu paling banyak ditemukan di platform Facebook yang Meta kelola. Saat ini kami telah mengajukan take down (penurunan) 454 konten kepada pihak Meta,” ujar Menkominfo.

Budi menghimbau lapisan masyarakat bisa memberi perhatian lebih sebelum membagikan informasi di media sosial maupun melalui aplikasi pesan instan. Dengan demikian semua pihak bisa terlibat untuk mencegah peredaran hoaks terkait Pemilu 2024 yang berpotensi menurunkan kualitas demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *