Pengawasan Bandara Soetta Diperketat

Cacar Monyet

Nasional179 Dilihat

Tangerang, Sinarindonesia.id – Himbauan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Waspada penyebaran kasus cacar monyet pada beberapa waktu lalu, mengharuskan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta (Soetta) memperketat pengawasan dan pemantauan Kesehatan penumpang yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

“Upaya peningkatan pengetatan tersebut dilakukan usai ditemukannya kasus pengidap cacar monyet (monkeypox) di DKI Jakarta. Langkah antisipasi yang dilakukan dengan meningkatkan pengawasan penumpang yang masuk maupun keluar dari bandara. Bentuk pengawasan yang dilakukan melalui pengamatan tanda dan gejala” Ujar Kepala KKP Soetta Naning Nugrahini, kepada media, Rabu (26 Oktober 2023) di Jakarta.

Dijelaskan Naning, Pengawasan pencegahan penyakit menular seperti cacar monyet, berbeda dengan pengawasan penerapan protocol COVID-19. Setiap petugas yang menjalani tugas, akan melakukan pemeriksaan Kesehatan terhadap penumpang dan kemudian melakukan screening terhadap gejala cacar monyet.

Hingga kini, belum ditemukan penumpang dengan gejala penyakit berbahaya tersebut. Sementara enam pasien yang mengidap cacar monyet sesuai laporan Kementeria Kesehatan, rata-rata mereka yang mengidap adalah orang dengan HIV (ODHIV) dan memiliki orientasi biseksual.

kasus terkonfirmasi penyakit menular ini, keseluruhannya ditemukan di wilayah DKI Jakarta, dengan korban laki-laki di usia 25-39 tahun. Satu kasus dilaporkan dari jatinegara, satu kasus dari Mampang, satu kasus dari Kebayoran Lama, satu kasus di Grogol Petamburan, satu kasus dari Kembangan dan dua kasus lainnya dari Setiabudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *