Pengurus Truk Jasa Penyeberangan Kepung Pelabuhan Bakauheni

Daerah, Headline56 Dilihat

Lampung Selatan, sinarindonesia.id– Pengurus truk jasa penyeberangan, dikabarkan menutup seluruh akses masuk penumpang dan barang menuju Pelabuhan Bakuheni, Lampung Selatan.

Mereka turun ke jalan lintas Sumatera menuju pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Wakil Ketua Pengurus Truk Jasa Pelabuhan Bakauheni, Edi Manap mengatakan pihaknya menolak peraturan yang ditetapkan oleh pihak ASDP terkait larangan pengurus memasuki area dermaga.

“Kami menolak peraturan ASDP dan kami sudah melayangkan surat, namun tidak di tindak lanjuti,” kata Edi, kepada media, Jum’at (21 Juni 2024).

Dijelaskannya, jauh hari sebelumnya, sejumlah perwakilan pengurus telah melakukan audiensi dengan ASDP, BPTD dan pihak terkait tentang aspirasi dan keluhan pengurus jasa truk penyeberangan Pelabuhan Bakauheni.

“Selain melayangkan surat. Kami juga mempertanyakan hasil audiensi yang dilakukan sebelumnya, yang hingga kini belum ada jawaban dan kejelasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan, penerapan kebijakan sterilisasi itu adalah bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi Pemerintah.

Pemberlakuan itu sekaligus sebagai aspek keselamatan dalam layanan penyeberangan dan menjaga produktivitas penyeberangan, kenyamanan, dan keamanan pengguna jasa.

“Selain itu, kami juga modernisasi dan peningkatan infrastruktur pendukung dapat meningkatkan efisiensi pelabuhan,” kata Shelvy, kepada media, Jumat (21 Juni 2024).

Dijelaskannya, bahwa PT ASDP memiliki dasar hukum untuk penerapan regulasi sterilisasi tersebut.

“Pemberlakuan itu, atas dasar Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran,” pungkasunya.

Diketahui, dalam Bab VII bagian kesatu terkait Tatanan Kepelabuhan dan Peraturan Pemerintah PM Nomor 91 Tahun 2021 tentang Zonasi di Kawasan Pelabuhan yang Digunakan untuk Melayani Angkutan Penyeberangan.

Kemudian dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP-DRJD 8115 Tahun 2023 disebutkan Tentang Objek Vital Transportasi Bidang Penyelenggaraan Pelabuhan Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *