Perayaan Natal Bisa Menggunakan Kantor Kementerian Agama

Headline, Nasional154 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, mengajak umat kristiani untuk merayakan natal dengan penuh khitmat. Pemerintah dalam hal ini, juga telah mengeluarkan izin untuk menggunakan kantor-kantor Kementerian Agama di daerah dimanfaatkan sebagai gereja selama perayaan natal.

“Keinginan Menteri Agama, untuk umat Kristiani yang belum punya gereja atau mengalami kesulitan menjalankan Natal supaya diberikan fasilitas, terutama kantor Kemenag,” kata Muhadjir di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11 Desember 2023).

Dijelaskannya, kebijakan itu merupakan hasil evaluasi tahun lalu. Pemerintah ingin terus memperbaiki pelayanan keagamaan bagi semua pemeluk agama.

Menurutnya, pemerintah telah mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan gereja untuk Natalan. Pemerintah akan memerintahkan pemerintah daerah di wilayah-wilayah itu untuk mengurus tempat ibadah sementara.

“Merupakan hak, harus mendapatkan pelayanan yang sama. Tidak boleh ada diskriminasi,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman di tahun lalu, ada fenomena umat Kristiani sulit merayakan Natal. Misalnya, warga di Cilebut, Kabupaten Bogor yang sempat viral.

Jemaat kristiani di Cilebut itu terpaksa mengadakan misa Natal di perumahan karena tidak ada gereja. Sempat terjadi ketegangan dengan warga yang menolak kegiatan itu. Hal itu menjadi perhatian dan diharapkan tidak terulang kembali. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *