Pernyataan Mahfud Md Soal Minim Investasi di IKN dibantah Menteri Bahlil

Headline, Nasional323 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Pernyataan Calon Wakil Presiden Mahfud Md dalam debat Pilpres 2024 yang menyebutkan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) minim investasi, dibantah Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. Mahfud disebut keliru dalam menyampaikan hal tersebut, karena nilai investasi yang masuk ke IKN telah mencapai Rp50 triliun.

“Dari luar Indonesia sekarang sudah sepakat investasi dan sudah masuk sekitar kurang lebih Rp50 triliun,” kata Bahlil di Jakarta, Sabtu (23 Desember 2023).

Dijelaskannya bahwa investasi asing tersebut umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan di Asia dan Eropa yang bergerak di sektor jasa, seperti perhotelan, mal, sarana pendidikan, dan rumah sakit.

Investasi asing tersebut, kata dia, baru akan masuk pada kluster kedua setelah semua infrastruktur penunjang selesai.

“Infrastrukturnya harus diselesaikan dahulu. Jadi, kluster pertama kebijakan kami adalah memprioritaskan investasi dalam negeri, mereka (investasi asing) masuk di kluster kedua,” ungkapnya.

Bukan saja investasi dari negara luar, IKN juga dikatakannya diminati oleh investor dari dalam negeri. Tercatat beberapa perusahaan besar seperti Mayapada dan Agung Sedayu Grup telah menanamkan investasinya di Ibu Kota Nusantara. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *